Siklus Manajemen Proyek


Initiation stage

A. Problem
Sekolah Menengah Atas merupakan jenjang pendidikan menengah di dalam dunia pendidikan. Di dalam jenjang pendidikan ini siswa di dalamnya mulai diajarkan pelajaran yang menggunakan teknologi-teknologi, yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik guna mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Kegiatan pembelajaran di sekolah masih banyak dilakukan dengan metode yang manual, dan kekurangan dalam menggunakan metode seperti ini adalah penggunaan buku-buku pelajaran yang masih sulit didapatkan bahkan di dalam lingkungan sekolah,

Oleh sebab itu, maka perlu dibuatkan sistim informasi pembelajaran sekolah, sehingga para siswa maupun guru dapat dengan mudah dan cepat dalam mengakses informasi maupun pelajaran. Kegiatan pembelajaran juga jadi bisa dilakukan dimana saja karna dilakukan secara online

B. Scope
Civitas akademika SMA YASMU Manyar Gresik

C. Deliverables
Sebuah Sistem Informasi pelajaran Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah

D. Project stakeholders
Dengan sistem informasi ini dapat memudahkan pihak sekolah untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah
E. Business case
Dengan adanya sistem informasi ini, akan semakin meningkatkan efisiensi pembiayaan sekolah untuk kegiatan belajar mengajar, sehingga anggaran dapat digunakan untuk yang lain.

Planning Stage



A. Project Stage
Timeline (Untuk pengerjaan dikerjakan 2-3 minggu)

No.
Nama Pengerjaan
Mulai
Selesai
Waktu
1
Analisis Rancangan
01/03/2020
03/03/2020
2 Hari
2
Belanja Perangkat
04/03/2020
07/03/2020
3 Hari
3
Instalasi Perangkat
10/03/2020
15/03/2020
5 Hari
4
Instalasi Jaringan
18/03/2020
18/04/2020
30 Hari
5
Testing Jaringan
19/04/2020
22/04/2020
3 Hari
6
Training Operator
23/04/2020
25/04/2020
3 Hari


B. Workflow Stage
Deni dan Khairudin: sebagai pengumpul data dari survei tempat tersebut, beserta dokumentasi dari tempat tersebut.
Andre: sebagai programmer dan analisis terhadap fitur yang ingin diberi untuk sistem informasi ini.
Lukman : sebagai back end programmer, yang membuat aplikasi web ini, dari segi database atau penyimpanan data-data penting.
arif : sebagai front end programmer, yang mengatur desain sesuai dengan  permintaan klien

C. Resource
·         Human resource : Deni, Khairudin, andre, Lukman, Arif
D. Budget : 


E. Risk
·              Jika web aplikasi tidak sesuai dengan permintaan klien, maka bisa diatur kembali oleh programmer.
·              Error saat instalasi jaringan.

Execusion Stage
Proyek dibagi menjadi 4 bagian yang pertama mengumpulkan data dari survey, Lalu ada yang sebagai programmer front end, programmer backend sesuai permintaan klien dan analisis untuk fitur yang diberikan di aplikasi web.

Closuring Stage
·       Dengan menggunakan sistem pembelajaran terkomputerisasi yang baru pada SMA YASMU akan lebih memudahkan dalam pengolahan data dan meningkatkan efisiensi waktu sekaligus kualitas belajar mengajar. 
·       
      Sistem Komputerisai sangat mendukung proses kerja seperti penyimpanan data sehingga dengan mudah dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pimpinan pada saat diperlukan.
·       
      Kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh keterbatasan seperti seperti human error ataupun ketidaksengajaan dapat dapat dikurangi dengan penggunaan sistem komputerisasi. 
·       
          Kesulitan dalam pembuatan laporan secara manual, dapat dipermudah dan dipercepat dengan adanya sistem komputerisasi.

s
screenshot kira kira penggambaran aplikasi



Komentar

Postingan Populer