Siklus Manajemen Proyek
Initiation stage
A. Problem
Sekolah Menengah Atas
merupakan jenjang pendidikan menengah di dalam dunia pendidikan. Di dalam
jenjang pendidikan ini siswa di dalamnya mulai diajarkan pelajaran yang
menggunakan teknologi-teknologi, yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik
guna mengikuti perkembangan teknologi informasi.
Kegiatan pembelajaran di sekolah masih banyak dilakukan dengan metode yang
manual, dan kekurangan dalam menggunakan metode seperti ini adalah penggunaan buku-buku pelajaran yang masih sulit didapatkan bahkan di dalam
lingkungan sekolah,
Oleh sebab itu,
maka perlu dibuatkan sistim informasi pembelajaran sekolah,
sehingga para siswa maupun guru dapat dengan mudah dan cepat dalam mengakses
informasi maupun pelajaran. Kegiatan pembelajaran juga jadi bisa dilakukan dimana saja karna dilakukan
secara online
B. Scope
Civitas akademika SMA
YASMU Manyar Gresik
C. Deliverables
C. Deliverables
Sebuah Sistem
Informasi pelajaran Untuk menunjang kegiatan belajar
mengajar di sekolah
D. Project stakeholders
Dengan
sistem informasi ini dapat memudahkan pihak sekolah untuk meningkatkan
keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah
E.
Business case
Dengan
adanya sistem informasi ini, akan semakin meningkatkan efisiensi pembiayaan
sekolah untuk kegiatan belajar mengajar, sehingga anggaran dapat digunakan
untuk yang lain.
Planning Stage
Planning Stage
A.
Project Stage
Timeline (Untuk pengerjaan dikerjakan 2-3 minggu)
Timeline (Untuk pengerjaan dikerjakan 2-3 minggu)
No.
|
Nama Pengerjaan
|
Mulai
|
Selesai
|
Waktu
|
1
|
Analisis Rancangan
|
01/03/2020
|
03/03/2020
|
2 Hari
|
2
|
Belanja Perangkat
|
04/03/2020
|
07/03/2020
|
3 Hari
|
3
|
Instalasi Perangkat
|
10/03/2020
|
15/03/2020
|
5 Hari
|
4
|
Instalasi Jaringan
|
18/03/2020
|
18/04/2020
|
30 Hari
|
5
|
Testing Jaringan
|
19/04/2020
|
22/04/2020
|
3 Hari
|
6
|
Training Operator
|
23/04/2020
|
25/04/2020
|
3 Hari
|
B. Workflow Stage
Deni
dan Khairudin: sebagai pengumpul data dari survei tempat tersebut, beserta
dokumentasi dari tempat tersebut.
Andre: sebagai programmer dan analisis terhadap fitur yang ingin diberi untuk sistem informasi ini.
Lukman : sebagai back end programmer, yang membuat aplikasi web ini, dari segi database atau penyimpanan data-data penting.
arif : sebagai front end programmer, yang mengatur desain sesuai dengan permintaan klien
C. Resource
Andre: sebagai programmer dan analisis terhadap fitur yang ingin diberi untuk sistem informasi ini.
Lukman : sebagai back end programmer, yang membuat aplikasi web ini, dari segi database atau penyimpanan data-data penting.
arif : sebagai front end programmer, yang mengatur desain sesuai dengan permintaan klien
C. Resource
·
Human resource : Deni,
Khairudin, andre, Lukman, Arif
D. Budget :
E. Risk
·
Jika web aplikasi tidak
sesuai dengan permintaan klien, maka bisa diatur kembali oleh programmer.
·
Error saat instalasi
jaringan.
Execusion Stage
Proyek dibagi menjadi 4 bagian yang pertama
mengumpulkan data dari survey, Lalu ada yang sebagai programmer front end,
programmer backend sesuai permintaan klien dan analisis untuk fitur yang
diberikan di aplikasi web.
Closuring Stage
Closuring Stage
· Dengan menggunakan sistem pembelajaran
terkomputerisasi yang baru pada SMA YASMU akan lebih memudahkan dalam
pengolahan data dan meningkatkan efisiensi waktu sekaligus kualitas belajar
mengajar.
·
Sistem Komputerisai sangat mendukung
proses kerja seperti penyimpanan data sehingga dengan mudah dapat memberikan
informasi yang dibutuhkan oleh pimpinan pada saat diperlukan.
·
Kesalahan-kesalahan yang
disebabkan oleh keterbatasan seperti seperti human error ataupun
ketidaksengajaan dapat dapat dikurangi dengan penggunaan sistem
komputerisasi.
·
Kesulitan dalam pembuatan laporan secara
manual, dapat dipermudah dan dipercepat dengan adanya sistem komputerisasi.
s
s
Komentar
Posting Komentar